Sunday, January 27, 2013

Pilkada Paluta, Incumbent Tak Tergoyahkan

Suksesi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas Utara (Paluta) tahun 2013 mulai tercium bagi masyarakat di 9 Kecamatan di wilayah di Paluta, ini terlihat dari munculnya sejumlah nama kepermukaan yang dipastikan akan bertarung dan meramaikan bursa Balon Bupati di Pilkada Paluta tahun 2013 ini. Namun demikian, ternyata menurut berbagai kalangan dan pemerhati sosok incumbent Drs H Bachrum Harahap masih sulit tergoyahkan. Ini terlihat dari arus dukungan yang terus dialamatkan kepada beliau.

Sejumlah kalangan dan pemerhati masyarakat berpendapat, bakal calon (Balon) Incumbent (Drs H Bachrum Harahap, Red) masih mempunyai peluang besar untuk bisa merebut kembali kursi Paluta Satu pada pertarungan Pemilukada Bupati/Wakil Bupati mendatang.

Sebab, selain yang bersangkutan memang adalah Balon Incumbent, juga mempunyai kekuatan, serta memiliki hasil kinerja selama menjabat sebagai Bupati pada periode pertama ini secara program sudah jelas dan terarah.

" Incumbent (Drs H Bachrum Harahap,red) sudah berbuat untuk Paluta selama masa kepemimpinannya sehingga sulit melepas kelekatan hati masyarakat . Secara fisik, memang belum bisa kita ukur secara kasat mata dalam rentang periodenya. Tapi, kalau diberikan kepercayaan lagi Drs H Bachrum Harahap memimpin Paluta pada periode kedua ini, baru bisa kelihatan hasilnya, baik secara fisik maupun non fisik," ujar Pemerhati Publik, Seri Harahap kepada Analisa, Senin (14/1) di Gunung Tua.

Ia pun memastikan jika dukungan masyarakat untuk incumbent saat ini mencapai 90-an persen. " Kita sudah melakukan survei dan pengembangan dilapangan, terbukti masyarakat masih menginginkan incumbent untuk memimpin lagi, prediksi sangat sulit untuk mengalahkan incumbent," ungkapnya.

Senada juga diungkapkan, Wakil Ketua Forum Kajian Peduli Paluta, Andi Harahap. Menurutnya Popularitas incumbent cukup besar, karena program yang didesainnya benar-benar merupakan kebutuhan riil dan hasilnya benar-benar dirasakan serta dinikmati masyarakat. Tidak dipungkiri lagi, incumbent tetap diingat dan performanya tetap melekat di hati masyarakat, sehingga dukungan mengalir deras kepadanya.

Adapun prediksi pasangan dan partai politik yang berhasil dirangkum dilapangan antara lain, Incumbent (Drs H Bachrum Harahap) kemungkinan besar berpasangan dengan Drs H Ahmad Sailan ( Wakil Ketua DPRD Paluta) yang juga merupakan mantan Ketua Tim pemenangannya pada saat Pilkada tahun 2008 kemarin, disusul nama lain yang juga disebut-sebut bakal mendampingi incumbent adalah salah ketua Partai yang juga notabenenya merupakan pengusaha di wilayah Paluta.

Untuk partai pengusung tidak bakal sulit didapat oleh Incumbent, sebab selama ini ia dikenal memiliki ‘kedekatan’ dengan sejumlah pimpinan parpol dan para wakil rakyatnya di daerah ini.

Disusul H Syahrul Harahap MAP (tokoh masyarakat dan mantan Kadis Pendapatan Kota Medan), siapa yang bakal mendampingi putra kelahiran Halongonan hingga saat ini masih belum bisa ditebak. Sebagian kalangan menilai jika Syahrul benar-benar maju maka kemungkinan besar yang menjadi pendampingnya bukan dari kalangan birokrat. Bisa jadi calon wakil itu berasal dari tokoh masyarakat yang sudah sangat dikenal dan familiar di masyarakat. Atau bisa juga diambil dari kalangan politisi seperti diantarannya H Raja Aman Hasibuan alias H Mokmok ( Anggota DPRD Labusel).

Mengenai parpol pengusung hingga kini Syahrul masih melakukan pendekatan ke sejumlah parpol besar di Paluta seperti Partai Golkar dan sejumlah partai lainnya.

Ditempat ketiga nama calon kandidat yang sudah mulai dibicarakan oleh masyarakat luas, Parlinsyah Harahap SE MAP (Ketua Partai Gerindra Paluta), Lalu siapa pasangan yang akan mendampingi Tokoh Muda asal Paluta ini jika benar-benar maju pada pilkada mendatang belum ada kejelasan.

Namun informasinya ia sudah mendapat restu dari Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto untuk ikut menjadi Calon Bupati. Diprediksi sejumlah kalangan Parlinsyah Harahap merupakan saingan berat Incumbent apabila dirinya maju nanti meramaikan perhelatan Pilkada 2013 mendatang.

Pasangan keempat yang santer juga menjadi perbincangan hangat para kalangan dan masyarakat yakni Letkol Kav Sutan Siregar yang saat ini tercatat sebagai pejabat di Pabandya Min Sinteldam I/Bukit Barisan.

Nama yang santer beredar bakal mendampingi Sutan adalah Anggota DPRD Paluta H Arjuman Harahap. Sama seperti bakal calon lainnya, parpol pengusung Sutan juga masih belum ada kejelasan.

Kandidat bakal calon Bupati terakhir yakni Lahmuddin Rambe (Pengusaha Asal Dolok) yang saat ini tinggal di Riau. Ketua IKADI Cabang Paluta ini akan berpasangan dengan Ir Khairul Amrin Harahap.Pasangan muda yang sama-sama pengusaha ini diprediksi kalangan akan maju dari jalur independen. 

sumber:  analisadaily.com

0 comments:

Post a Comment